Bersyukur akan membuatmu tenang

motivasisantri_nusantara

Tetap bersyukur adalah cara paling ampuh membuat hati bahagia. Dengan bersyukur atas segala Nikmat Allah, hati akan merasa tentram meski banyak kekurangan. Semakin banyak bersukur, hati semakin lapang dan Allah akan memberikan kebahagiaan yang lebih. Sebagaimana Firman Allah yang artinya "Apabila kamu mensyukri akan Nikmat-Ku niscaya Aku akan tambahkan Nikmat-Ku kepadamu, Namun apabila kamu mengingkari akan Nikmat-Ku niscaya Adzab-Ku amatlah pedih."

Seperti  firman-Nya yang sudah diturunkan kepada Nabi Muhammad lebih dari 30 kali dalam surat Ar-Rahman, yang artinya "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?"
Makna nikmat sendiri menurutku ialah perasaan di mana kita merasa bahagia dan puas, akan apa yang kita dapatkan. Meski kadang rasa tak puas hati akan hasil yang kita usahakan itu muncul, tapi rasa nikmat itu seakan bisa mengusir kegalauanku dan mendorongku untuk terus bersyukur pada-Nya. 

Nikmat bukan hanya ketika kita mendapatkan undian ratusan juta rupiah, bukan juga tentang mendapatkan suami atau istri idaman. Tapi bagiku nikmat itu ketika kita bersyukur atas apa yang telah Tuhan anugerahkan padaku. Dan memang seperti itulah yang dianjurkan agama pada kita semua sebagai makhluk-Nya.

Begitu pun dengan ujian.
"Capek, kok banyak sekali masalah yang menghampiriku? Seakan tak da henti-hentinya dan selalu bertubi-tubi. " Tapi Tuhan selalu suka memberikan kejutan, terutama pada makhluk-Nya yang selalu bersyukur dan bersabar. "Aku ingin seperti dia, hidupnya selalu enak, nggak pernah sedih, nggak pernah susah."

Terkadang kita merasa sangat pandai menilai kehidupan orang lain hanya dari image luarnya tapi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.  Kita tak pernah tau masalah terberat apa yang pernah ia lalui, juga seberat apa bebanya yang selama ini berhasil ia sembunyikan dari semua orang. 

Kita hanyalah manusia biasa yang pasti tak luput dari kesalahan dan berbuat dosa. Tapi aku  yakin Tuhan sangat menyayangi setiap umat-Nya. Dari setiap ujian, cobaan, atau  masalah yang tak pernah berhenti menghampiri kehidupan kita, itu tak lain tanda sayang Tuhan pada setiap makhluk-Nya. 

Perasaan capek kerja setiap hari, benci pada seseorang karna merasa tidak dihargai, hingga disalahkan atas perbuatan yang tidak kita lakukan, pasti pernah mendapatkan perlakuan seperti itu. Namun jika kita tahu arti hikmah dari semua itu, pasti kita tidak akan pernah mengeluh atau berputus asa, karena pada dasarnya setiap ujian datang dari pada-Nya dan pasti akan ada hikmah setelahnya. 


Aku  merasa sangat bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan berupa perasaan nikmat yang sebelumnya sangat jarang aku rasakan. Karena nikmat itu berupa rasa syukur kita pada Tuhan. 


Refrensi : https://www.hipwee.com/narasi/kkembali-bersyukur-pada-tuhan-biar-semua-lelah-tak-lagi-jadi-beban/
Lebih baru Lebih lama